Foto Banner Selanjutnya >>

Sekolah Alam

Sekolah Alam

Sekolah Alam adalah program pendidikan lingkungan sehari untuk anak-anak.  Kebanyakan peserta program adalah anak yang bersekolah di PAUD, TK dan SD. Sekolah Alam di VB dirintis oleh seorang sutradara bernama Mohammed Boy Rifai sejak Februari 2010. Sejak dimulainya, Sekolah Alam di VB, hampir setiap minggu VB selalu diramaikan oleh kehadiran murid-murid sekolah (PAUD, TK atau SD) yang datang bersama guru dan orangtuanya.  Mereka  berasal dari Bogor, Jakarta dan Depok.  Beberapa karyawan VB menjadi pemandu kegiatan Sekolah Alam. 

Peserta Sekolah Alam diberikan pengetahuan tentang alam dan lingkungan.  Lewat beberapa aktivitas dan permainan, anak-anak dilatih bersikap mandiri dan kreatif.  Salah satu aturan yang berlaku adalah selama mengikuti kegiatan, anak tidak boleh ditemani oleh orang tuanya.  Anak-anak belajar sambil bermain untuk mengenal alam dan lingkungannya.

Sejarah Sekolah Alam bermula dari program Sekolah  Alam Griyo Kulo  di daerah Tawangmangu, Surakarta.  Pada bulan Juni 2006, program tersebut bertransformasi menjadi program Sekolah Alam on TV. Lewat program ini kegiatan Sekolah Alam ditayangkan di beberapa stasiun TV baik nasional maupun lokal.  Misi program Sekolah Alam on TV adalah memperkenalkan nilai tambah lingkungan kepada generasi penerus, diutamakan PAUD  dan Kelompok Bermain (KB).  Lewat program Sekolah Alam on TV diharapkan tumbuh kesadaran serta perspektif baru di masyarakat tentang lingkungan dan kearifan lokal yang semestinya harus terus dipelihara melalui program pendidikan di televisi. 

Saat ini, pengelola Sekolah Alam membuka kesempatan selebar-lebarnya kepada pihak sekolah (KB/PAUD/TK/SD/SMP/SMA) di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya untuk mendaftarkan murid-muridnya mengikuti program Sekolah Alam di Vila Botani.   Untuk informasi lebih jauh tentang program Sekolah Alam bisa menghubungi Mohamed Boy Rifai (087878026987), Hendi Sapto (081802502547) atau bisa lewat email di alamat: mohammed_brifai@yahoo.com.   

Pihak Sekolah Alam sedang  membangun Kafe Sinema di VB.  Konsep kafe ini adalah kafe di alam terbuka yang bermuatan khusus yaitu : mengaitkan isu pendidikan lingkungan dan promosi  aktivitas dunia perfileman (sinematografi).  Beberapa mantan bintang film yang telah dilibatkan dalam perwujudan gagasan ini antara lain Ray Sahetapy dan Nani Wijaya. Kafe Sinema direncanakan mulai beroperasi pada bulan October 2010.

 

    [Copyright ©by Alex Korns]

 

Partners

Vilabotani Partners